Selasa, 14 Februari 2012

Siapkah Secara Mental Anda Menikah?

Berikut adalah beberapa pertanyaan, Jawablah dengan tanda "V" jika pernyataan di bawah sesuai dengan diri Anda atau tanda "X" jika pernyataan di bawah tidak sesuai dengan diri anda :
  1. Bagi Saya, pernikahan adalah bersatunya dua pribadi yang sangat berbeda sehingga dibutuhkan kebesaran hati dan keluasan pikiran untuk dapat mengatasi setiap percikan masalah
  2. Menurut saya, kemapanan ekonomi sangatlah penting dalam kesiapan menikah. Pasangan yang ideal bagi saya adalah yang sanggup memenuhi segala keinginan dan kebutuhan saya dan keluarga
  3. Bagi saya, pasangan harus serupa walau tak sama dengan diri saya. Saya ingin pasangan yang memiliki kegemaran yang sama, profesi yang sama, makanan kesukaan yang sama, selera musik yang sama, dan lainnya. Saya beranggapan dengan banyak persamaan yang dimiliki, kami berada dalam dunia yang sama sehingga dapat meminimalisasi permasalahan
  4. Saya sangat ingin menikah. Saya pun sudah memiliki calon tapi belum juga melangkah ke pelaminan, karena saya khawatir kalau-kalau pernikahan saya akan berakhir dengan perceraian
  5. Menurut saya, memasuki pernikahan itu seperti kita berjalan menyusuri gua, Kita tidak akan pernah tahu apakah perbekalan yang kita bawa cukup atau tidak. Kita pun tidak tahu apa saja yang akan kita temui di dalam gua dan kemana gua tersebut akan berakhir. Menikah itu selain membutuhkan perbekalan, juga sangat dibutuhkan keberanian dan kenekatan
  6. Saya sangat kesal, jika orang lain memberi komentar tentang kelebihan berat badan saya, apalagi jika yang berkomentar adalah pasangan. Saya merasa tidak diterima apa adanya
  7. Biasanya saya akan bete dan ngambek seharian jika orang yang saya hubungi tidak membalas sms atau telpon. Saya akan semakin bad mood jika orang tersebut adalah pasangan. Saya akan merasa tidak dipentingkan olehnya
  8. Saya senang memberi hadiah pada orang lain. Suatu kebahagiaan bagi saya melihat wajah cerah orang lain yang bersuka cita karena menerima hadiah saya
  9. Saya sedih saat mendengar teman-teman seangkatan, bahkan adik angkatan saya, sudah menikah. Saya bersedih karena melihat diri saya masih saja berada di dalam barisan orang-orang yang menanti saat itu tiba
  10. Saya merasa heran jika ada teman atau orang lain yang melangsungkan pernikahan di usia muda. saya berpendapat bahwa menikah adalah masalah yang serius sehingga harus dipikirkan matang-matang. Lebih baik membangun karir dulu, sehingga saat menikah nanti dapat menjalani rumah tangga dengan lebih baik.
  11. Saya selalu memimpikan memiliki keturunan. Saya menganggap anak-anak adalah sumber semangat walaupun terkadang tingkah laku mereka menjengkelkan
  12. Saya mendengar bahwa indahnya pernikahan hanyalah sebulan atau dua bulan pertama, selebihnya neraka karena sudah penuh dengan masalah. Saya pikir, masalah sudah pasti ada didalam hidup kita. Yang terpenting adalah bagaimana sikap kita sendiri dalam menyikapi masalah tersebut. Menikah memang jadi banyak masalah.. so what??
KETERANGAN :
Jika jawaban Anda "V" pada nomor-nomor 1,5,8,9,10, dan 11, maka dapat dikatakan Anda telah siap mental untuk menikah.
Jika jawaban Anda "X" pada nomor-nomor 2,3,4,6,7 dan 10, maka dapat dikatakan Anda belum siap mental untuk menikah.

Sumber : Ummi Edisi Spesial I-2012

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Facebook Themes